Chrome - Background
Chrome - Background

Senin, 05 Maret 2012

melindungi diri

    Santai tapi Waspada
Tidak perlu was-was bila semua berjalan mulus. Biasanya mantan pecandu was-was bila semua sedang berjalan dengan mulus dan baik dalam waktu yang cukup lama. Mereka sepertinya menunggu sesuatu kejadian jelek yagn akan menghancurkan situasi yang seolah-olah yang terlalu harmonis itu. Kehidupan dulunya sebagai pecandu yang naik-turun, senang-susah, berani-takut, cukup-kurang, silih berganti dengan cepatnya (bisa berubah-ubah secara drastis dalam hitungan jam) membuat mantan pecandu sering cemas atau terlalu was-was dan menduga bahwa kehidupan yang mulus pasti tak akan bertahan lama.
Kecemasan ini hamper serupa parno (paranoid). Perasaan was-was ini dapat dinetralkan dengan pengertian bahwa hidup ini memang perlu dinikmati saja dan bila datang coba-cobaan, kita hadapi saja dengan pikiran yang waras. Jangan Feel-Act-Think, tetapi sebaiknya Feel-Think-Act.
Sebaliknya, jangan pula sampai terlena bila hidup kita berjalan dengan mulus. Seperti kata pepatah “Jalan Panjang Yang Lurus Membuat Pengendara Mengantuk (alias tidak berhati-hati)”. Begitulah kenyataannya bagi kita semua. Artinya, bila pengendara tidak awas lagi, maka kecelakaan pun akan terjadi. Maka dari itu, seorang mantan pecandu harus selalu awas, tanggap lingkungan, dan menjahui tempat-tempat, pesta-pesta, lingkungan pecandu narkoba, serta aktivitas-aktivitas yang dapat menjerumuskannya kembali kedunia gelap narkoba. Kita harus selalu waspada tetapi tidak perlu was-was atau terlalu khawatir . hidup akan menjadi neraka bila setiap hari kita was-was yang berlebihan (paranoid). Santai tapi waspada

Tidak ada komentar:

Posting Komentar